Pesan Dari Seorang Teman

sambungan dari bagian pertama Note From A Friend.

Pelajaran ke 2

TIDAK ADA KEGAGALAN

Saat ini waktunya anda membuat keputusan. Sekarang anda harus berjanji pada diri sendiri bahwa anda tidak akan pernah menuruti perasaan kalah atau depresi. Ini bukan berarti Anda menjadi tidak realistis terhadap tantangan di depan anda. Tapi hal ini berarti anda memahami kalau perasaan kalah atau depresi bisa menghentikan anda dalam mengambil tindakan yang sangat bisa mengubah hidup anda.

Hadiah tidak datang diawal tapi di akhir. Anda dan saya butuh untuk mengingat secara terus menerus bahwa PENUNDAAN TUHAN BUKAN BERARTI PENOLAKAN, tidak ada kegagalan, kalau anda mencoba sesuatu dan itu tidak berhasil, anda telah belajar sesuatu dari hal itu dan hal itu akan menolong anda menjadi efektif di masa depan, lalu anda benar-benar sukses.

Ada pepatah yang membantu saya selama bertahun-tahun yaitu :

 

“SUKSES ADALAH HASIL DARI PENILAIAN TUHAN.”
PENILAIAN BAIK ADALAH HASIL DARI PENGALAMAN.
PENGALAMAN SERING MERUPAKAN HASIL DARI PENILAIAN BURUK

 

Terus lakukan. Kalau kita harus berjuang membuat banyak hal lebih baik dan belajar dari “kesalahan” kita akan sukses. Sekarang kita lihat apa yang menyebabkan kita mengambil tindakan.

 

 

Pelajaran ke 3

ANDA YANG TAK TERBENDUNG
Pembuat keputusan

 

Saya sudah mengatakan di sepanjang artikel ini bahwa ada kekuatan untuk mengubah setiap bagian hidup kita. Jadi dimana kekuatan itu ? Bagaimana kita bisa menggunakannya? Kita semua tahu bahwa untuk mendapatkan hasil yang baru, kita juga harus mengambil tindakan yang baru, tetapi kita harus menyadari bahwa semua tindakan kita lahir dari keputusan. “Kekuatan putusan adalah kekuatan perubahan”.

Saya ingatkan sekali lagi, benar bahwa kita tidak bisa mengendalikan peristiwa dalam hidup kita, tetapi kita bisa mengendalikan apa yang kita putuskan untuk berpikir, percaya, merasa dan melakukan tindakan.

Kita harus ingat bahwa setiap peristiwa Ketika kita masih hidup, akan kita akui untuk diri sendiri atau tidak, serangkaian pilihan baru, serangkaian aksi baru, dan serangkaian hasil baru, hanya satu atau dua keputusan saja. Kebanyakan dari kita lupa bahwa kita memiliki kekuatan untuk memilih ini.

PADA AKHIRNYA, KEPUTUSAN KITALAH, BUKAN KONDISI HIDUP YANG MENENTUKAN  TAKDIR KITA. Bagaimana anda hidup hari ini adalah hasil dari keputusan dengan siapa anda menghabiskan waktu bersama, apa yang telah anda putuskan untuk dipelajari atau tidak, apa yang telah diputuskan untuk anda percayai, keputusan anda untuk menyerah atau untuk tetap melakukannya, keputusan anda untuk menikah atau memiliki anak, keputusan tentang apa yang dimakan, keputusan tentang siapa diri anda dan apa kemampuan anda, semua ini benar-benar telah mengendalikan dan mengarahkan hidup anda. Jika kita sungguh-sungguh ingin mengubah hidup. Kita harus telah membuat beberapa keputusan baru tentang komitmen kita terhadap sesuatu.

Ketika saya menggunakan kata keputusan, yang saya maksud adalah pilihan nyata dan dilakukan dengan sadar. Kebanyakan orang berkata “Yah, saya memutuskan akan menurunkan berat badan”, tetapi itu terlalu umum, tidak cukup khusus. Mereka hanya menyatakan pilihan, dengan kata lain mereka mengatakan “Saya suka menjadi lebih kurus”. Keputusan nyata dibuat Ketika anda menghentikan setiap kemungkinan kecuali yang anda telah tetapkan untuk dilakukan, ketika anda tidak akan melihat ke belakang, Ketika anda bahkan tidak akan mempertimbangkan pilihan untuk menyerah.

Izinkan saya memberi anda contoh hebat dari seorang pria yang memahami kekuatan dari keputusan nyata, seseorang yang Ketika dia memutuskan, tidak akan menyerah. Namanya Soichiro Honda, pendiri perusahaan Honda, pembuat mobil dan motor Honda. Mr Honda tidak pernah mengizinkan tragedy, masalah, tantangan atau perubahan kondisi menghalangi jalannya. Faktanya dia sering memutuskan untuk melihat beberapa halangan terbesar dalam perjalanannya sebagai rintangan belaka dalam balapan untuk mencapai tujuannya.

Pada tahun 1938, Mr. Honda adalah seorang murid miskin yang memiliki mimpi merancang piston ring yang akan di jual ke manufaktur perusahaan Toyota. Setiap hari dia pergi ke sekolah, dan sepanjang malam dia mengerjakan rancangannya, hingga sikunya penuh pelumas. Dia menghabiskan sedikit uang yang dia miliki untuk rancangannya, dan itu masih belum selesai. Akhirnya dia menggadaikan perhiasan istrinya untuk melanjutkan proyek tersebut.

Setelah bertahun-tahun berusaha akhirnya dia merancang piston ring yang dia yakin kalau Toyota akan membelinya. Ketika dia menunjukan kepada mereka, mereka menolaknya. Dia Kembali ke sekolah untuk mendapatkan penghinaan dari guru-guru dan teman-temannya, yang mengatakan, betapa bodoh merancang alat yang menggelikan.

Apakah Mr.Honda menjadi frustasi ? Tentu saja. Apakah dia juga bangkrut? Iya. Apakah dia menyerah ? Tidak..

Malah dia menghabiskan waktu 2 tahun ke depan dengan melanjutkan mencari cara untuk membuat piston ring yang lebih baik. Dia memiliki formula kunci untuk sukses :

  1. Dia memutuskan yang dia mau
  2. Dia mengambil langkah.
  3. Dia memperhatikan apakah ini berhasil atau tidak, dan Ketika sesuatu tidak berhasil,
  4. Dia mengubah pendekatannya. Dia luwes dalam cara menjalankan sesuatu.

Akhirnya setelah 2 tahun lebih, dia menyempurnakan rancangannya dan Toyota benar-benar membelinya.

Untuk membangun pabrik pistonnya, Mr.Honda membutuhkan beton, tetapi Pemerintah Jepang pada saat itu sedang bersiap-siap untuk perang dunia ke 2, sehingga tidak ada yang tersedia. Sekali lagi, itu terlihat seolah-olah mimpinya akan mati. Terlihat seakan tidak ada seorang pun yang menolongnya. Sekali lagi apa dia berhenti ? Tentu saja tidak. Dia telah memutuskan untuk membangun pabrik ini, karena menyerah bukanlan pillihan. Dia bergabung bersama sekelompok temannya, dan selama berminggu-minggu mereka bekerja sepanjang waktu mencoba pendekatan yang berbeda hingga mereka menemukan cara baru untuk membuat beton. Dia membangun pabrik dan akhirnya bisa menghasilkan piston ring tersebut.

“Tapi tunggu ada yang lain… “

Kisah ini tidak berhenti di sini. Selama perang, Amerika serikat mengebom pabriknya, menghancurkan hampir seluruh pabriknya. Bukannya merasa gagal, Mr. Honda mengumpulkan semua pegawainya, dan berkata “Segera, lari dan keluar dan lihat pesawat terbang itu. Yang dilakukan pesawat itu adalah menjatuhkan kaleng bahan bakar mereka ke udara. Kita perlu menemukan kaleng yang mereka jatuhkan dan mengambilnya, karena kaleng-kaleng itu berisi bahan mentah yang kita butuhkan untuk proses produksi”. Ini adalah bahan yang bisa mereka dapatkan dimana saya di Jepang. Mr.Honda menemukan sebuah jalan untuk menggunakan  apapun yang diberikan hidup kepadanya. Akhirnya, gempa bumi meratakan pabriknya, dan dia terpaksa menjual system operasi piston kepada Toyota. Namun Tuhan tidak pernah menutup pintu tanpa membuka pintu yang lain, sehingga kita perlu cermat untuk melihat apapun kesempatan baru yang dipersembahkanNya kepada kita

Ketika perang berakhir, Jepang dalam kondisi kacau balau. Sumber daya alam sangat sedikit, di setiap bagian negara bensin di jatah dan dalam beberapa kasus hampir sulit untuk mendapatkannya. Dan bahkan Mr.Honda tidak mendapat cukup bahan bakar untuk mengemudikan mobilnya ke pasar guna membeli makanan untuk keluarga. Namun Bukannya merasa gagal atau tak berdaya, dia membuat keputusan baru. Dia memutuskan tidak akan bertahan dalam kualitas hidup seperti ini. Dia mengajukan pertanyaan yang keras kepada dirinya sendiri, “Bagaimana lagi saya bisa memberi makan keluarga saya? Bagaimana bisa saya menggunakan sesuatu yang telah saya miliki untuk menemukan cara menuju kesana ?” . Dia memperhatikan motor kecil yang dia miliki, yang ukuran dan tipe nya sama dengan mesin potong rumput halaman tradisional, dia mendapatkan ide dan memasang itu ke sepedanya. Pada saat itu sepeda bermotor pertama dibuat.

Dia mengendarainya untuk pergi ke pasar. Dan tak lama temen-temennya meminta dibuatkan untuk mereka juga. Tak lama setelah itu Mr.Honda membuat begitu banyak “Sepeda Motor” sehingga dia kehabisan motor, jadi dia memutuskan untuk membangun pabrik baru guna memproduksi motor sendiri. Tetapi dia tidak memiliki cukup uang dan Jepang sedang hancur. Bagaimana dia akan melakukannya ?

Bukannya menyerah dan berkata tidak ada jalan, tetapi dia bangkit dengan ide yang brilian. Dia memutuskan untuk menulis surat kepada setiap pemilik took sepeda di Jepang, memberi tahu mereka bahwa Mr.Honda memiliki solusi untuk membuat Jepang bergerak Kembali, bahwa motornya murah dan akan membantu orang untuk pergi ke tempat yang mereka butuhkan. Lalu Mr.Honda meminta mereka untuk berinvestasi.

Dari 18.000 pemilik toko sepeda yang menerima surat, 3000 orang yang memberi Mr.Honda uang. Dan dia memproduksi kiriman pertamanya. Apa dia sukses? Tidak. Sepeda motor itu terlalu besar dan makan tempat dan hanya beberapa orang jepang yang membelinya. Jadi sekali lagi, dia melihat apa yang tidak berhasil, dan Bukannya menyerah, dia mengubah pendekatan lagi. Dia memutuskan untuk mencopoti sepeda motornya dan membuatnya lebih ringan dan lebih kecil. Dia menyebutnya The Cub, dan ini menjadi “kesuksesan 1 malam” ,  Honda mendapatkan penghargaan kaisar. Setiap orang melihat kepadanya dan berpikir betapa “beruntungnya” dia karena muncul ide itu.

Apa dia beruntung? Mungkin jika kata beruntung diartikan Tenaga Bekerja di bawah pengetahuan yang tepat. Sekarang perusahan Mr.Honda adalah salah satu perusahaan yang paling sukses di dunia. Semua karena Mr.Honda tidak pernah menyerah. Dia tidak pernah membiarkan persoalan dan keadaan menghalangi langkahnya. Dia memutuskan bahwa selalu ada jalan untuk sukses jika anda benar-benar berkomitment.

 

Keputusan, Keputusan!

 

Anda dan saya sama-sama mengetahui bahwa ada orang yang terlahir dengan keberuntungan, yaitu mereka yang terlahir dari orang tua kaya dan lingkungan yang istimewa, mereka terlihat diberikan tubuh yang kuat dan sehat, mereka di besarkan dengan cara yang bisa anda bayangkan dan tidak pernah kekurangan apapun. Namun anda dan saya juga tahu bahwa banyak orang-orang yang seperti itu berakhir obesitas, frustasi dan hal-hal yang negative.

Dengan tanda yang sama, kita secara terus menerus bertemu, membaca dan mendengar tentang orang yang berjuang , semua hal aneh yang telah meledak melebihi batas dari kondisi mereka dengan membuat keputusan baru tentang apa yang dilakukan dengan hidup mereka. Mereka telah menjadi contoh dari kekuatan tak terbatas dari semangat manusia.

Bagaimana individu luar biasa ini melakukannya? Mereka semua, pada beberapa kesempatan, memutuskan bahwa mereka merasa sudah cukup. Mereka memutuskan bahwa mereka tidak akan tahan menghadapi apa pun kecuali yang terbaik. Merka membuat keputusan nyata untuk mengubah hidup mereka.

Satu cara untuk mengubah hidup anda adalah membuat keputusan nyata. Keputusan nyata berarti anda menghentikan semua kemungkinan lain dibandingkan satu yang telah anda putuskan menjadi kenyataan. Ketika membuat keputusan nyata,  anda menggambar sebuah  garis, bukan di pasir tapi di semen. Anda mengetahui secara benar apa yang anda mau. Kejelasan ini memberi anda kekuatan untuk melakukan bahkan lebih dari mendapatkan hasil yang telah anda putuskan.

Orang yang menguasai peluang dan mengubah hidup mereka membuat 3 jenis kekuatan dari keputusan setiap hari :

  1. Apa yang harus di focuskan.
  2. Apa arti sesuatu.
  3. Bagaimana melakukannya

Jadi, Putuskan sekarang

Semua kemajuan manusia dimulai dengan satu keputusan baru. Sehingga apa saja hal-hal yang telah anda tunda,  beberapa hal yang anda tahu bahwa anda membutuhkannya untuk membuat hidup lebih baik ?

Sekarang, buat 2 keputusan yang anda bersedia untuk menindaklanjuti apa pun yang diperlukan.

Pertama membuat 1 keputusan sederhana yaitu, janji kepada diri sendiri atau orang lain yang mudah anda tepati. Dengan membuat keputusan ini dan melakukannya, anda akan membuktikan kepada diri sendiri bahwa anda bahkan bisa membuat keputusan yang ,lebih besar. Anda akan mulai menguatkan “otot pengambil keputusan”  .

Sekarang, buat keputusan yang ke 2 yang bahkan ada tahu akan mengambil komitmen yang lebih dari diri anda sendiri. Memilih seseorang yang mengilhami anda. Tulislah 2 keputusan pada kertas. Beri tahu keluarga dan temen-teman anda tentang keputusan yang telah anda buat dan nikmati kebanggaan yang melekat pada di mereka.

2 Keputusan penting yang telah saya buat dan berkomitment untuk menjaganya

1……….

2………

 

Apapun keputusan yang anda buat, nyata atau tidak akan tergantung pada kemampuan anda.

 

 

Pelajaran ke 4

BANGUN KEYAKINAN ANDA DAN MELESAT

Ada kekuatan yang mengendalikan semua keputusan anda, mempengaruhi cara berpikir anda, merasakan setiap kejadian. Hal ini juga menentukan apa yang akan anda lakukan dan apa yang tidak akan anda lakukan, juga memutuskan apa yang anda rasakan tentang apa pun yang terjadi dalam hidup anda. Kekuatan ini adalah KEYAKINAN anda.

Ketika anda mempercayai sesuatu, anda memberi perintah yang pasti kepada otak anda untuk memberi reaksi dengan cara tertentu. Secepat kita memiliki keyakinan, hal ini akan mulai mengendalikan apa yang bisa kita lihat ada apa yang bisa kita rasakan. Apakah anda pikir keyakinan anda mempengaruhi hidup anda dan kehidupan di sekeliling anda? IYA.

Keyakinan sangat kuat, sehingga anda harus berhati-hati mengenai pilihan yang untuk anda yakini, khususnya tentang diri anda sendiri. Saya bisa memberi tahu anda bahwa selama bertahun-tahun, ada keyakinan tertentu yang benar-benar membantu saya. Beberapa keyakinan itu sudah saya sampaikan di awal-awal aktikel ini, yaitu :

  • Selalu ada cara untuk mengubah sesuatu jika saya berkomitment
  • Tidak ada kegagalan dalam hidup,sepanjang saya belajar apa pun dari sesuatu, saya sukses.
  • Penundaan Tuhan bukan penolakan Tuhan
  • Masa lalu tidak sama dengan masa depan.
  • Pada setiap kejadian, saya bisa mengubah seluruh hidup saya dengan membuat keputusan baru.

Keyakinan ini telah menuntun cara pikir dan polah tingkah saya. Telah menolong saya mengubah sesuatu melawan halangan besar untuk menciptakan kesuksesan abadi.

“Kepercayaan adalah yakin pada apa yang belum ada lihat, Hadiah untuk kepercayaan ini adalah melihat apa yang anda yakini” – St.Augustine

Tetapi, sebenarnya apa itu keyakinan ? Sering kita berbicara tentang sesuatu tanpa memiliki gagasan yang jelas apa arti sebenarnya. Kebanyakan orang mengartikan keyakinan sebagai seolah-olah itu adalah sesuatu yang nyata, Ketika itu sebenarnya tidak ada apa-apanya tetapi perasaan pasti tentang apa arti sesuatu. Jika anda berkata, “Anda percaya bahwa anda cerdas”, semua yang anda benar-benar katakan adalah “saya merasa yakin bahwa saya cerdas”. Perasaan pasti  mengizinkan anda untuk membuka jalan sumber yang membantu anda bertindak cerdas dan menciptakan hasil yang anda inginkan. Kita semua sebenarnya memiliki jawaban untuk semua atau setidaknya kita memiliki jalan masuk untuk jawaban yang kita butuhkan melalui orang lain. Namun sering kekurangyakinan kita, kekurangpastian kita menyebabkan kita tidak bisa menggunakan kekuatan yang ada dalam diri kita.

Pertanyaan yang paling penting adalah: Yang mana dari hal ini yang benar? Keyakinan yang mana yang anda putuskan untuk digunakan, itu adalah pilihan anda. Kuncinya adalah memutuskan mana keyakinan yang akan menguatkan anda dan mana yang akan melemahkan anda.

Keyakinan adalah sumber kekuatan yang besar. Anda dapat memilih apa yang anda yakini tentang diri sendiri, dan keyakinan ini akan menentukan tindakan yang anda ambil. Hal ini penting untuk memilih keyakinan yang mendukung dan memberikan ada harapan dan energi.

3 keyakinan mana yang anda butuhkan sekarang? Tuliskan setidaknya 1 keyakinan yang harus anda pakai segera.

 

Saya harus yakin : ……………………………………………………………………………………………

 

Terkadang orang mengatakan kepada saya, “ Hi Tony, saya percaya sekali sesuatu, tetapi itu tidak berhasil.” Bagaimana mereka mengetahui dengan pasti itu tidak berhasil? Mungkin mereka Seharusnya memberikan lebih banyak waktu.

Mungkin mereka bisa belajar dari kisah ribuan tahun yang lalu di India. Tentang seorang petani yang hanya memiliki 1 ekor kuda untuk menarik bajaknya. Dan kudanya melarikan diri. Tetangganya berkata, ”Itu buruk sekali !”.

Petani itu berkata,”Mungkin.”

Hari berikutnya, kudanya datang Kembali dengan membawa 2 ekor kuda temannya.  Tetangganya berkata “Itu sangat bagus !”. “Mungkin” kata petani itu.

Anak petani mencoba menjinakan kuda yang baru tiba dan berakhir dengan mematahkan kaki sang anak.” Oh itu sangat buruk”, kata tetangga. “Mungkin” kata petani.

Hari berikutnya, tentara datang mengambil semua Pemuda pria untuk ikut perang, tetapi tidak untuk si anak petani, karena sedang terluka. Sekarang tetangga ita berkata “ Oh anda sangat beruntung. Menurut anda apa tanggapan petani yang tepat ? “Mungkin”.

Dan cerita di atas terus menerus seperti kehidupan. Jika anda percaya sesuatu dan itu belum berhasil, mungkin anda terlalu cepat menilai. Ketika anda berpikir anda dalam masalah, mungkin juga tidak. Mungkin itu hanya sementara.

Ingatlah bahwa kemampuan anda untuk membuat penilaian bijaksana itu akan tergantung pada luasnya kemungkinan yang anda mimpikan.

 

 

Bersambung …… (Pelajaran ke 5)

 

 

 

 

 

 

One Response

  1. Thanks pertaining to taking turns this kind of wonderful subject material on your web-site. I came across it on google. I may check back again whenever you post additional aricles.

Leave a Reply