himbaun penting waspada bahaya phising

Himbauan Penting Waspada Bahaya Phising

Himbauan penting waspada bahaya phising di era digital ini, pastikan data-data Anda sudah aman

Secara umum phising merupakan sebuah aktivitas kejahatan online yang terus mengancam kita. Jika benar menjadi korban, kita akan mendapatkan banyak kerugian, baik menjadi korban pencurian data maupun penipuan.

Phising artinya adalah upaya untuk mendapatkan informasi tentang data seseorang dengan menggunakan teknik phising untuk tujuan kriminal. Data yang terkena phising adalah data pribadi (nama, umur, alamat), data akun (nama pengguna dan kata sandi), dan data keuangan (informasi kartu kredit, akun).

Pelaku phising biasanya muncul sebagai pihak atau institusi yang berwenang. Dengan menggunakan situs web atau email palsu yang terlihat meyakinkan, namun sebenarnya itu sudah banyak membuat orang tertipu. Seperti yang dilakukan terhadap website resmi paytren.co.id yang mana mereka membuat jenis phising berbentuk website palsu seperti:

https://paytren.simdif.com.

Phising web adalah upaya memanfaatkan situs web palsu untuk mengelabui calon korban. Situs web phising akan terlihat mirip dengan situs website resmi dan menggunakan nama domain yang serupa. Ini disebut spoofing domain. Misal, menyerupai paytren.co.id, domain yang digunakan phisher adalah https://paytren.simdif.com.

HIMBAUAN PENTING! WASPADAI BAHAYA PHISING

Telah beredar url/link https://paytren.simdif.com 

Kami PT Veritra Sentosa Internasional MENYATAKAN DAN MEMASTIKAN bahwa url/link tersebut adalah BUKAN MILIK PT Veritra Sentosa Internasional. Oleh karena itu kami dengan tegas menghimbau kepada para mitra untuk:

  • Jangan membukalink url tersebut
  • Jangan menginput atau membagikan data pribadi dan rahasia ke url/link tersebut seperti NoHP, Nomor Identitas, Foto Identitas, PIN, Password, OTP (atau APA PUN) ke url/link tersebut atau ke siapa pun
  • Jangan menyebarluaskan url/link tersebut

Apabila ada yang membujuk, memberikan dan menyebarluaskan url/link di atas SEGERA LAPORKAN kepada manajemen PT Veritra Sentosa Internasional untuk ditindaklanjuti secara hukum yang berlaku. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Leave a Reply