maksimalkan barang gratisan

Maksimalkan Barang Gratisan Untuk Dapet Cuan

Pasti Anda pernah, dapat bonus produk gratisan tapi gak terlalu butuh-butuh banget barangnya, kan?

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa barang yang mereka peroleh secara cuma-cuma itu hanya jadi percuma. Tapi coba kita lihat dari sudut pandang lain. Karena jika Anda memiliki jiwa pebisnis yang cerdas dan kreatif, maka tidak akan ada yang namanya percuma.

Coba bayangkan, jika Anda mendapatkan giveaway yang diberikan oleh sebuah brand produk ternama melalui kampanye sosial media mereka. Rasanya pasti menyenangkan bukan? Anda pasti akan punya pengalaman yang berkesan terhadap brand produk yang memberikan Anda hadiah dan memiliki ikatan emosional yang kuat karena merasa bahwa Anda merupakan orang yang spesial dan pastinya akan timbul rasa percaya yang lebih besar terhadap brand tersebut. Betul?

Sekarang coba bayangkan jika Anda menerapkan cara yang sama dengan brand tersebut. Dengan membuat aktifitas di sosial media berupa giveaway atau memberikan hadiah berbentuk produk atau barang-barang yang tidak lagi Anda perlukan namun bisa bermanfaat bagi orang lain, tentunya akan menjadi daya tarik lebih untuk orang akhirnya mau ikut terlibat dengan produk atau bisnis kita.

 

Dalam membangun bisnis di era digital saat ini, kepercayaan konsumen terhadap krredibilitas penjual adalah yang terpenting, terlebih jika Anda memiliki toko online. Karena itu pelaku bisnis digital banyak yang mengadakan giveaway atau memberikan bonus kepada pembeli. Dengan memanfaatkan produk yang Anda dapatkan dari bonus, Anda bisa meraih keuntungan berupa kepercayaan dari calon mitra yang berpotensi untuk menjadi mitra yang loyal.

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara mengadakan giveaway, gak perlu khawatir! Karena berikut ini ada tips cara melakukan giveaway yang efektif:

 

  1. Berikan Persyaratan yang Sederhana

Saat ada giveaway pasti hal pertama yang dilihat adalah persyaratannya. Jika persyaratannya terlalu rumit pasti kita akan malas dan mengurungkan niat untuk mengikutinya karena merasa terberatkan dan merasa cukup dirugikan karena belum pasti kita akan menang. Karena itu buatlah persyaratan yang sesederhana mungkin dan sampaikan secara singkat, jelas, dan padat.

 

 

  1. Tawarkan Benefit yang Menarik

Kita pasti tertarik dengan sesuatu yang memberikan keuntungan kepada kita. Karena itu, kemaslah rangkaian giveaway Anda menjadi sesuatu yang memberikan keuntungan, tidak hanya untuk pemenang namun juga untuk semua orang yang berpartisipasi. Jika Anda membuat giveaway berbentuk kompetisi, sebarkan juga karya semua orang yang berpartisipasi untuk mengapresiasi mereka.

 

  1. Tentukan Jenis Giveaway yang Spesifik

Sebelum mengadakan giveaway ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu jenis giveaway yang akan diselenggarakan. Sekarang ini giveaway bentuknya bermacam-macam. Bisa berbentuk kompetisi foto, kompetisi menulis testimony, undian dari orang-orang yang memberikan komentar, atau pun undian dari orang-orang yang membagikan postingan. Umumnya giveaway diadakan dengan sistem = kompetisi atau undian. Jika Anda membuat giveaway berbentuk kompetisi maka jangan lupa jelaskan secara detail peraturannya dan jika Anda membuat giveaway dalam bentuk .

 

 

  1. Beri Jangka Waktu yang Cukup Panjang

Jangan memberikan waktu yang terlalu singkat untuk mengadakan giveaway. Berikan rentang waktu minimal satu minggu agar lebih banyak orang yang mengetahui tentang giveaway yang kamu adakan dan lebih banyak juga yang berpartisipasi.

 

 

  1. Memasukkan Unsur Promosi

Giveaway adalah salah satu bentuk aktifitas sosial untuk promosi. Tentukan terlebih dahulu target hasil yang Anda harapkan dari aktifitas giveaway ini. Umumnya orang mengharapkan pertambahan followers dan kenaikan jumlah pengunjung di halamannya. Jadi di dalam persyaratan biasanya ditambahkan.

 

 

  1. Mengadakan Evaluasi

Setelah mengadakan giveaway sebaiknya Anda melakukan evaluasi melihat seberapa besar dampak dari giveaway itu terhadap target yang Anda tetapkan sejak awal. Apakah target Anda tercapai atau tidak.

 

 

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin mencoba memanfaatkan produk gratis dari bonus pembelian atau promo untuk giveaway  sebagai metode promosi dalam rangka meningkatkan kepercayaan konsumen. Namun jika Anda merasa bahwa mengadakan giveaway tidak efektif untuk target audience Anda, maka produk-produk bonus bisa Anda berikan sebagai reward untuk konsumen-konsumen Anda agar mereka semakin loyal.

Dalam membangun network bisnis, memiliki sikap gotong royong dan murah hati adalah kunci menuju kesuksesan berjamaah.

Leave a Reply