Al Qur'an iman dan tauhid

Al Qur’an Generasi Awal, Adalah Audio Experiences

Al Qur’an Generasi Awal, Adalah Audio Experiences

Oleh Ustadz Yusuf Mansur

Al Qur’an iman dan tauhid! Zaman Al Qur’an turun… Jibril ke Nabi, Audio Experience. Pengalaman beraudio. Nabi ke sahabat, juga Audio Experience. Bukan berarti yang tertulis tidak penting. Justru menjadi penyempurna. Dan apalagi kita-kita yang tidak ada rekaman audio suara Jibril. Juga rekaman audio Nabi. Pun para sahabat generasi-generasi Sahabat Utama, sampai dengan Tabi’it Tabi’iin. Hingga sekian abad kemudian.

Tapi yang menarik adalah, Audio Experience ini beda.

Jibril membacakan… Memperdengarkan bacaan Al Qur’an. Kepada Nabi.

Sehingga di dunia Tahfizhul Qur’an, ada ungkapan, bisa baca mendekati seperti bacaannya Al Qur’an diturunkan lewat Jibril kepada Nabi. Ini soal tajwid misalnya.

Dan Nabi pun ke Sahabat Nabi, ya audio. Suara. Audio Experience. Nabi mengulang membacakan dan memperdengarkan kepada Sahabat-sahabatnya. Termasuk saat menjelaskan tafsir dan tadabbur ayat plus implementasinya dalam hidup dan kehidupan.

Hari-hari ini, saat www.kuliahwisatahati.com reborn di April 2020… Saya pun dengan izin Allah, mengulang sedikit Audio Experience ini. Pengalaman mengajar dan berbagi kisah-kisah, hikmah-hikmah, dengan audio, dengan suara.

Karena itu, saya dengan izin Allah, membuat audio-audio. Yang saya persembahkan untuk kawan-kawan dan saudara-saudara saya yang ingin FUN, HAPPY, belajar soal Al Qur’an, iman, dan tauhid. Soal-soal percaya, dan keyakinan kepada Allah, dan iman-iman yang lain. Yang membangkitkan harapan, memberi motivasi dan inspirasi, dan juga membuat orang bisa, mampu, berani, bermimpi. Dengan impian-impian yang super manfaat, dan menggelegar.

Ya. Rekaman suara. Menyapa dan mengajar dengan suara.

Yang suara ini juga kelak ada transkripnya yang bisa dibaca-baca oleh peserta di www.kuliahwisatahati.com.

Jadi ada audio, ada paper. Walau nanti tidak semua audio ada papernya, dan sebaliknya. Tidak semua paper ada audionya. Tapi nanti audio mendominasi.

Selamat menikmati pembelajaran di www.kuliahwisatahati.com

Kemampuan bernarasi seorang manusia, merupakan Keajaiban Tersendiri dari Allah Yang Maha Mencipta. Kemampuan bersuara. Kemampuan bicara. Kemampuan berkata-kata. Kemampuan menyeru. Kemampuan menghasilkan suara dengan berbagai bentuknya.

Betapa misalnya 1 huruf saja, “a”, tanpa manusia ketahui, ini sesungguhnya bisa dikatakan, adalah Keajaiban Penciptaan Allah.

Kok bisa?

Ya. 100 triliun sel manusia, bekerja sama untuk seseorang bisa mengucapkan “a”.

MasyaaAllah. Subhaanallaah.

Jadi betapa senangnya saya. Saat kemudian bisa mengajar. Dan demikian pula pendakwah. Penyeru kepada kebaikan.

Dan semua yang selalu bicara hanya yang baik-baik saja…

Sebab dengan ia melakukan kebaikan dengan bersuara, berbicara, maka izin Allah, kebaikan berlimpah sekali. Dan dianggap bersyukur. Sama Allah. Sebab produksi 100T sel, dan pastinya jadi unlimited, seperti tak terbatas. Karena kalau orang bicara dan bersuara tidak mungkin hanya 1 huruf. Kecuali huruf Al Qur’an.

Dan senang jugalah para pendengar, para murid, para santri, para peserta, para member www.kuliahwisatahati.com. Juga pendengar, murid, santri, peserta, dari guru-guru kebaikan yang lain. Dan juga sejatinya, semua lawan bicara dari semua yang berbicara. Asal yang dibicarakan adalah hal-hal yang baik, positif, lagi manfaat. Sebab pendengar dan lawan bicara juga dapat dari “amal bersuara” ini.

Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua kawan di urusan dakwah dan mengajar. Dengan media apa pun. Juga saat saya berbicara, berkata-kata, ngobrol. Tanpa kawan-kawan, ya tidak ada guna juga suara saya. Izin Allah.

Dan mulai sekarang… Manfaatkan juga kemampuan seorang manusia yang diberikan Allah, yakni kemampuan bersuara… Untuk selalu berkata yang baik, positif, lagi menggelegar, membangun, penuh harapan, penuh menenangkan, menghadirkan kedamaian, kesejukan, semangat… Jangan sebaliknya.

Apalagi kenyataan… Bahwa apa pun akan dihisab… Maka termasuk huruf apa pun yang dihasilkan seorang manusia, dalam pembicaraannya, maka itu akan dihisab.

Sampai sini, saya mau menutup dengan sebuah rangkaian kalimat…

Jika semua suara akan dihisab, dan baca Al Qur’an bukan hanya sekedar dibaca, tanpa suara… Tapi juga bener-benar tilawah… Dibaca… Dengan suara. Maka sungguh, menyenangkan sekali… Membaca Al Qur’an itu.

Kenapa?

Sebab waktu demi waktu, yang kita gunakan… Untuk membaca Al Qur’an. Mau mengertikah. Atau tidak mengerti… Semua akan kita temui di catatan amal kita kelak. Dan pasti kita akan bersyukur. Bahwa 100T sel yang bekerja sama untuk kita, kita pakai untuk itu. Allahu Akbar…!!!

Tentu, apalagi mengerti akan beda lagi.

Dan bersyukurlah semua yang benar-benar bisa mengendalikan kemampuan bersuara ini, kemampuan berbicara ini, untuk hal-hal yang positif. Sebab juga ia akan ketemu dengan semua yang menjadi kalamnya. Benar-benar akan ketemu. Karena itu jangan sampai sia-sia dan apalagi sampai jadi dosa.

Beruntung pula yang gemar bershalawat, beristighfar, bertasbih… Bahkan berdoa. Secara zikir juga tidak hanya zikir hati/qalbi dan pikiran. Doa pun demikian. Bukan hanya dalam hati. Tapi juga disuarakan. Lisan.

Bahkan saya menyukai shalat. Sejak niat, saya sudah bersuara. Kumpulan huruf dari mulai niat? Yaa Rab. Sudah banyak sekali itu… Belum lagi takbir pertama sampai dengan salam. Dan zikir shalat ba’da shalat. Yaaa Allah. Girang sekali hati ini. Itu jumlah huruf yang disuarakan, melebihi emas bergunung-gunung. Yang berharap Allah menerima amal ibadah kita, lalu diganjar juga kebaikan-kebaikan bersuara shalat. Yaaa Rabb… Karenanya, baiknya kualitas bersuara dalam shalat pun, diperbaiki. Tidak main-main. Serius. Beri tenaga. Beri rasa senang. Beri ruh.

Beruntung pula… Yang gemar berdakwah… Dengan suaranya. Gemar mengajar dan mengajak kepada kebaikan dan hal-hal positif. Karena sekali lagi, sudah jadi dianggap bersyukur.

Sampai ketemu di Free 100 Audio untuk semua peserta/member www.kuliahwisatahati.com, yang mengambil modul/materi apa pun di www.kuliahwisatahati.com.

Tidak sabar saya dan kami-kami semua membacakan dan memperdengarkan audio-audio ini. Semoga bukan saja menjadi audio yang memotivasi dan menginspirasi saja. Tapi juga jadi amal jariyah kita semua. Yang kelak bisa ditemui saat menghadap Allah Yang Memberi Kemampuan Berbicara, Bersuara, dan Mendengar. Terima kasih buat semua EKOSISTEM SUARA…

Salam, Ustadz Yusuf Mansur

www.kuliahwisatahati.com

14 Responses

  1. MashAllah Pak Ustadz sya semenhak menjadi mitra PayTren banyak perubahan dalam hidup saya
    Terimakasih Ya Allah
    Terimakasih Pak Ustadz Yusuf Mansur
    Atas semua ilmunya πŸ™πŸ™πŸ™

  2. Assalamu’alaikum pk ustadz kami dr semarang keluarga bp mudzakir sgt berterima kasih pd pk ustadz ats oleh2 yg diberikn ketika kmi ke jakarta barokallohu laka. Amiin

  3. Assalamu’alaikum.wr.wb..
    Ustadz Yusuf Mansur. Perkenalkan Saya Marwat Paytrener Bojongsana Suradadi Tegal. Mohon Do’a Dan Dido’akan Ustadz..Agar Kami Sekeluarga Ditambahkan Serta Ditingkatkan Iman Islamnya, Serta Keberkahan Rizqi Yg Halal Dan Barokah Oleh Allah SWT. Aamiin🀲🀲🀲

  4. Sehat selalu ya Ustadz semoga Kita semua bisa kembali dalam keadaan Yang Di Ridhoi Allah Aamiin…

  5. Assalamu’alaikum wr wb.
    Terimakasih UYM atas senua ilmunya , Baarakallahu fikum. Mohon do’anya semoga putra putri kami termasuk min ahlil Qur an wamin hifdzil Qur an . Allahummarhamnaa bil qur an….

  6. Alhamdulillah Daftar payTren itu bukan saja mempermudah transaksi semua pembayaran saja tetapi banyak ilmu ilmu agama dan pendidikan . InsyaAlloh Makin semangat ✊✊✊😍😍

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Ustadz, perkenalkan saya Danar, sudah lama ane mempunyai unek2 untuk mengusulkan kepada ustadz tentang usulan produk MLM yang menjual produk jasa berupa DISCOUNT CARD (Hotel,Restoran, penerbangan dll).

    DISCOUNT card tersebut sementara ane beri nama KARDIS YUSMAN ( Kartu diskon ustadz Yusuf Mansyur ).

    Bagaimana ustadz kalo ane meng-operasionalkan MLM ini dengan menggunakan nama perusahaan ustadz

    Untuk syarat proposal dll semua sudah siap πŸ™πŸ‘

    Atas di terimanya usulan ane ucapkan jazakumullah Khoiron katsiron πŸ™

    1. Walaikum salam, saya bantu jawab yah Pak Danardoyo, untuk MLM saat ini aturannya sangat ketat. Untuk produk berupa jasa, tidak boleh dipasarkan secara sistem MLM. Terima Kasih

Leave a Reply